Tujuan Training Effective Selling Skills and Negotiation for AE adalah memahami mengenai bagaimana memahami peran Akun Eksekutif sebagai pengembang pasar, bagaimana mengenal perusahaan Anda, produk yang Anda jual, bagaimana mengenal calon pelanggan Anda, serta bersaing Anda di pasar, bagaimana mempersiapkan perencana penjualan, apa aspek-aspek utama yang harus ada dalam perencana penjualan, dan hal – hal lain terkait Effective Selling Skills and Negotiation for AE. Pelatihan ini kami jadwalkan di Jakarta.
Deskripsi
Tugas untuk meyakinkan calon pembeli untuk mau membeli, adalah tugas utama sebagai Account Eksekutif / Account Officer, namun dalam praktik hal ini masih perlu ditingkatkan pada perencanaan perencanaan yang membutuhkan Perangkat Kit yang perlu disiapkan dalam Perencana Penjualan seperti Manfaat, Kisah Keuntungan , Kisah Sukses dari produk yang ditawarkan.
Akun Eksekutif dalam mengatasi tantangan atau perdebatan pelanggan dengan data & fakta, masih perlu diperhatikan, hal ini terjadi karena kurang lengkapnya pengetahuan mereka tentang calon pelanggan, produk yang mereka jual, serta persaingan dan produk pendukung.
Bagaimana cara menggunakan, mengumpulkan hasil atau kesepakatan yang sama untuk memperoleh persetujuan dalam Proses Penjualan , merupakan suatu keahlian yang sangat menentukan dalam suatu negosiasi, seorang Eksekutif Akun wajib memenangkan. Maka dari itu hadirlah Pelatihan Selling Skills ini untuk memenuhi kebutuhan peserta.
Sasaran Pelatihan
- Memiliki kemampuan membuat perencanaan Panggilan Penjualan secara penuh demi meyakinkan calon pelanggan, yaitu dengan membuat Perencana Penjualan yang dilengkapi dengan Kisah Keuntungan, Kisah Sukses, serta Manfaat dari produk yang ditawarkan dalam Pelatihan Selling Skills.
- Memiliki kemampuan mengatasi kesulitan pelanggan, apapun keberat-annya, karena telah diantisipasi sebelumnya yaitu dengan membuat, melampirkan Daftar Kemumgkinan Keberatan serta Cara Mengatasinya (Daftar O&R – Daftar Keberatan & Tanggapan) pada Sales Planner.
- Memiliki kemampuan negosiasi dengan mengetengahkan persamaan untuk memperoleh kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak (solusi win-win), serta sebaliknya memiliki kemampuan dalam mengatasi perbedaan untuk menghindari konflik (solusi kalah-kalah).
Outline Materi
- Memahami peran Akun Eksekutif sebagai Pengembang Pasar.
- Mengenal Perusahaan Anda, dan produk yang Anda jual.
- Mengenal calon pelanggan Anda, serta bersaing Anda di pasar.
- Bagaimana mempersiapkan Perencana Penjualan.
- Aspek-aspek utama yang harus ada dalam Perencana Penjualan.
- Penggunaan prinsip dasar komunikasi efektif dalam Proses Penjualan.
- Bagaimana menyambut gembira pelanggan dalam Pelatihan Selling Skills.
- Akun Standar Eksekutif di kantor dan di lapangan dalam Pelatihan Selling Skills.
- Proses melakukan Presentasi Penjualan langkah demi langkah.
- Presentasi Penjualan berpengaruh dan meyakinkan pelanggan.
- Proses LAER dalam Pelatihan Selling Skills.
- Tehnik menutup Presentasi Penjualan, serta bagaimana menindak-lanjutinya.
- Mencapai kesepakatan dengan pelanggan melalui negosiasi.
- Memahami persamaan dan perbedaan antara Anda dan pelanggan Anda.
- Memahami kelebihan dan kekurangan Anda dan pelanggan Anda.
- Perinsip-perinsip dasar negosiasi untuk Pelatihan Selling Skills.
- Hambatan-kendala dalam negosiasi, dan cara mengatasinya.
- Bagaimana persetujuan suatu negosiasi.
- Proses melakukan nogosiasi langkah demi langkah dalam Pelatihan Selling Skills.
- Tehnik dibuka dan ditutup negosiasi, serta menindak-lanjuti hasil.
Persyaratan Peserta
Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop / Notebook dalam Pelatihan Selling Skills.
Fasilitator
Semba Biawan
Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengerjakan masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia, Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama lebih dari 10 tahun sebagai Manajer Pembelajaran & Pengembangan Nasional, serta bekerja lebih dari 35 tahun pada saat manajerial di bidang Sumber Daya Manusia & Pelatihan di perusahaan Nasional, Multinasional.
Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Manajer Sumber Daya Manusia di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.
Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulusan terbaik), selanjutnya mengikuti berbagai Program Pengembangan Manajemen, Seminar baik di dalam maupun luar negeri, antara lain:
- Program Pengembangan Manajemen, oleh Prof. Alejandro Reyes dari Asian Institute of Management (AIM), Manila, Filipina
- Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory dari Lausanne Hotel School, Swiss – Siswa Terbaik
- Pengembangan Pengawasan Komunikasi, oleh Bpk. Sandy Strayer dari Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
- Kepemimpinan dan Pengaruh, oleh DR. Roger Gill dari Dimension Development International (DDI), Hongkong.
- Negosiasi & Presentasi Penjualan, oleh Direktur Layanan Pelanggan The Coca-Cola Company, Grup Pasifik, Kuala Lumpur
- Dealing With Changes, program pelatihan psikologis, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
- Cara Efektif Dalam Proses Pembelajaran, oleh Mr. Rolando Alpe dari Leading Consulting Network, Makati, Manila
- OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, spesialis dalam penelitian tentang peran musik dalam proses pembelajaran, Jakarta.
- Subliminal Dynamic, belajar tentang fungsi bagian bawah sadar otak dalam proses pembelajaran, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur
Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu dimulai dari periode pra-pembukaan dan sebagai tim pembukaan yang terlibat dalam proses yang disetujui dan menyiapkan sistem & prosedur di bidang Sumber Daya Manusia & Pelatihan. Pada saat ia masih aktif di perhotelan, ia melanjutkan pelatihan selama 3 bulan untuk para manajer dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Pelatih Terbaik (di antara Peserta) di antara 10 pelatih yang ada.
Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Konsultan Senior Independen di bidang Pembelajaran & Pengembangan Sumber Daya Manusia, yang hingga kini telah memberikan pelatihan kepada banyakorang dari berbagai perusahaan.
Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses pelatihan, memfasilitasi, meluncurkan, dan memberikan Pelatihan Program untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Penjualan & Distribusi, yaitu Manajer Pusat Penjualan, Supervisor Penjualan, dan Penjual, di samping ia juga terlibat dalam peroses yang digunakan Pusat Pembelajaran Nasional Coca-Cola.
Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Pelatihan Program yang dirancang dan diberikan di Rumah atau Publik yang berhubungan dengan Kepemimpinan & Komunikasi, Penjualan & Distribusi, Layanan Pelanggan, Manajemen Sumber Daya Manusia & Manajemen Pelatihan, Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan , dan soft skill lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).
Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering untuk menjadi pembicara (pembicara) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Lembaga Pendidikan dan Asosiasi Profesional, di samping ia juga banyak menambah di majalah dan surat Berita antara lain di Suara Karya, Bali Post, Buletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Kepemimpinan & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, dikirim oleh bukunya yang kedua diterbitkan oleh diterbitkanityang sama (Grup Gramedia) pada Maret 2013 yang berjudul: “Teknik Menjual Diri – Dalam Merebut Lowongan Kerja”.