Tujuan Training Total Quality Control adalah memahami mengenai bagaimana memanajemeni qualitas dalam bisnis proses, bagaimana caranya teknik pengukuran biaya mutu, teknik memanajemeni kualitas penerimaan barang dari supplier, bagaimana manajemen yang efektif penanganan kualitas dalam proses dan hal – hal lain terkait Total Quality Control. Pelatihan ini kami jadwalkan di Jakarta.
Deskripsi
Perusahaan dengan skala besar hendaknya memiliki sebuah managamen yang berkualitas baik dari sisi SDM maupun sisi lainnya, dampaknya akan terlihat pada total performance sebuah perusahaan yang mencakup banyak aspek. Total Quality Control (TQC), adalah suatu tool manajemen untuk meningkatkan total performance, TQC memberdayakan total organisasi, dari tenaga kerja sampai kepada CEO, dengan tanggung jawab penjaminan kualitas terhadap produk dan atau jasa, dan sistem manajemen prosesnya. Kesadaran menumbuhkan bahwa kualitas itu diciptakan diproses, ada perlakuan produk dengan inspeksi, diatasnya adalah Quality Control, lanjut ke Quality Assurance setelah itu TQM . Total Quality Control lebih berfokus pada penekanan pada proses maka harus terukur setiap bagian harus memahami CTQ atau Critical to Quality , dan CTQ bersifat terukur Karena CTQ adalah sesuatu yang terukur dan merupakan spesifikasi maka harus di contol atau tidak boleh dilanggar karena jika dilanggar akan berdampak pada kegagalan produk bisa cacat, defect, delay delivery atau kecelakaan.Proses ini merupakan suatu pendekatan terintegrasi oleh manajemen untuk memfokuskan semua fungsi dan level organisasi pada kualitas dan continuous improvement. Sampai sekarang TQC menjadi sangat penting untuk meningkatkan kapabilitas proses perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami konsep-konsep TQC serta menerapkannya dalam ruang lingkup pekerjaan untuk memenuhi harapan konsumen dalam upaya meningkakan daya saing. Focus pembahasan TQC pada pengendalian Input produk proses dan pengiriman produk agar tidak lolos ke proses berikutnya. Mengutamakan Customer internal nex proses adalah pelanggan.Sasaran Pelatihan
- Memahami pentingnya pengendalian kualitas
- Memahami konsep dasar manajemen quality control di perusahaan
- Memahami proses pengendalian IQC, LQC, OQC, QA, Technical Services
- Memahami dan mampu mengendalikan produk dengan presisi dan akurasi
- Memahami “Kesadaran akan Masalah
- Meningkatkan keterampilan memperjelas dan mengurai masalah
- Melakukan pengendalian kualitas di perusahaan
- Meningkatkan program kualitas
- Memahami kegiatan-kegiatan utama kualitas dalam proses
- Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kegiatan Quality Control
- Memahami penanganan dan control kualitas dari suplier
- Membekali pengetahuan bagaimana mengoptimalkan fungsi pengendalian kualitas
Target Peserta
Manager, Assistant Manager, Supervisor, Staf yang ingin meningkatkan kompetensinya .Metode Pelatihan
- 60% landasan teori
- 40% study kasus, Latihan Praktik
Outline Materi
Day 1- Memanajemeni Qualitas dalam bisnis proses
- Teknik Pengukuran Biaya Mutu
- Program peningkatan kualitas dengan metode kaizen
- Manajemen system mutu
- Teknik memanajemeni kualitas penerimaan barang dari supplier
- Manajemen yang efektif penanganan kualitas dalam proses
- Manajemen yang efektif pemeriksaan produk sebelum dkirim ke pelanggan
- Manajemen peningkatan kualitas supplier
Facilitator
Surachman. ST.,MT
Adalah Profesional konsultan yang telah memiliki pengalaman sebagai praktisi industri lebih dari 20 tahun. Serta lebih dari 7 tahun sebagai konsultan manajemen, yang telah membantu banyak perusahaan Nasional dan Multinasional dalam program peningkatan daya saing perusahaan. Diharapkan dengan wawasan dan pengalaman yang luas dari para instruktur akan memberikan wawasan, inspirasi dan kompetensi baru bagi para peserta training sehingga nantinya dapat diterapkan diperusahaan tempatnya bekerja.- Pendidikan Sarjana Teknik Mesin & Magister Teknik Industri
- Berpengalaman pada dunia industri manufaktur, Jabatan terakhir adalah Dept Manager Quality Management dan Management Refresentative pada sebuah perusahaan multinasional,
- Berpengalaman dalam proses pengembangan, Managerial Skill, TPM Quality Management System ISO 9001:2000, ISO TS 16949, Environment Management System 14000:2004, Business & Organization Excellence, Performance Management (Key Performance Indicator), Supplier Development, 5S, Quality innovation, dan Total Quality Management System.