Tujuan Training Strategic Procurement Management adalah memahami mengenai Procurement Administration & SOP, Procurement Code of Conduct, Strategic Vendor Sourcing, Vendor Managed Inventory, Progress Monitoring & Vendor Inspection, Vendor Evaluation dan hal – hal lain terkait Strategic Procurement Management. Pelatihan ini kami jadwalkan di Jakarta.
Deskripsi
Procurement adalah proses pengadaan barang & jasa di korporasi yang profit oriented maupun instansi/lembaga yang non profit. Korporasi, instansi pemerintahan, & lembaga sosial yang baik, idealnya dapat memastikan bahwa proses perencanaan, penentuan spesifikasi, seleksi vendor/supplier, serta evaluasi kinerja vendor/supplier dilakukan secara; efektif, efisien, & akuntable.
Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaan procurement, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga & ketersediaan pasokan, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga vendor/supplier yang wan prestasi terhadap order & kontrak.
Tujuan Pelatihan
- Memahami kode etik & prosedur procurement
- Memahami tahapan administrasi & dokumentasi procurement mulai dari prakualifikasi
- supplier/vendor, analisa penawaran, kontrak, hingga evaluasi vendor
- Memahami metode sourcing, teknik analisa penawaran, & strategi negosiasi
- Memahami regulasi & konsep hukum bisnis dalam Pelatihan Procurement Management
- Memahami proses evaluasi kinerja supplier/vendor
Target Peserta
- Supply Chain/Logistics, Procurement/Purchasing, PPIC, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan.
- General Affair, Corporate Legal.
- Project Manager, Internal Auditor, Compliance Unit.
- Supervisor/Manager terkait proses Procurement.
Metode Pelatihan
Class presentation, discussion, case study, & video presentation, dengan konsep:
- 20% teori berdasarkan literatur praktisi & regulasi.
- 40% analisa best practices & benchmarking antar industri.
- 40% studi kasus nyata & diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta.
Outline Materi
Hari Pertama
- Procurement Administration & SOP
- Procurement Code of Conduct
- Strategic Vendor Sourcing for Procurement Management Training
- Procurement Plan & Assessment Methods
- Discussion sharing & case study
Hari Kedua
- Vendor Managed Inventory
- Progress Monitoring & Vendor Inspection
- Vendor Evaluation for Procurement Management Training
- e-Procurement
- Case study & closing review
Testimoni
“Bagus & menambah ilmu”
“Menyenangkan & Saya mendapat ilmu yg bermanfaat”
“semoga kedepannya lebih baik lagi”
”Sudah cukup baik & Profesional”
Facilitator
Deni Danasenjaya, SE. MM.
Telah bekerja dalam bidang logistik dan operasi perbankan sejak tahun 1995. Sejalan dengan itu pengalaman dia telah menjalankan berbagai program pelatihan di SCM, HSE serta strategi pengadaan logistik dan telah menulis beberapa artikel dan tulisan dengan topik di manajemen, biaya tersembunyi dalam distribusi dan transportasi, ISO 14000 dan logistik. Dia menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai Asisten Senior PT. Bank Inter-Pacific Tbk. sedangkan sebelumnya ia bekerja di PT. Bank Niaga Tbk dan Perusahaan Jasa Penyedia Logistik di Jakarta.