Tujuan dari Pelatihan Teknik Penulisan Naskah Public Relations adalah peserta mengetahui dan memahami teknik penulisan professional serta peserta mampu mengembangkan topik dan menulis naskah professional. Dan hal – hal lain terkait Teknik Penulisan Naskah Public Relations.
Deskripsi
Teknik Penulisan Public Relations (PR Writing) adalah keterampilan menulis khas Public Relations dalam menghasilkan naskah-naskah yang diperlukan untuk kepentingan pencitraan positif perusahaan. Tipe-tipe panulisan naskah PR dapat berkaitan dengan Media Relations (seperti press release, advertorial, press conference) atau berkaitan dengan media promosi atau informasi (seperti newsletter, in house magazine, annual report, company profile, leaflet, booklet, brosur, dan sebagainya). Untuk menghasilkan naskah yang baik, Public Relations harus memiliki keterampilan jurnalistik layaknya wartawan, seperti pemahaman tentang nilai berita, bahasa jurnalistik, kode etik jurnalistik, dan sebagainya.
Tujuan Pelatihan
- Mengetahui dan memahami teknik penulisan professional
- Peserta mampu mengembangkan topik dan menulis naskah professional.
Outline Materi
- Public Relations Writing
- Memahami karakteristik MEDIA MASSA DAN MEDIA ONLINE
- Bentuk dan media penulisan PR
- Teknik Penulisan PR
- Teknik Liputan dan Wawancara
- Teknik pengemasan naskah dan editing
- Keterampilan menulis Press Release
- Keterampilan menulis Advertorial
- Keterampilan menulis Fact Sheet, Whitepaper dan Backgrounders
- Keterampilan menulis Newsletter dan Inhouse Magazine
- Keterampilan menulis Tor Acara & Publikasi
- Keterampilan menulis untuk website
Metode Pelatihan
- Presentasi, Case Study, Diskusi dan Dialog Informal
Durasi Pelatihan
Training ini akan dilaksanakan selama 2 hari.
Peserta
- External Relations
- Corporate Communication/ Humas
- Stakeholder Relations
- CSR/Comdev Officer
Facilitator
Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom
Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom, memiliki pengalaman lebih dari lima tahun dalam bidang Komunikasi Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/CSR. Sebelumnya aktif sebagai praktisi CSR di PT Newmont Nusa Tenggara (2009), Bank Muamalat (2012), dan Sinarmas Pulp & Paper (2014). Selain itu, ia aktif sebagai staf ahli di PT Cinggarindo Galba (Konsultan Komunikasi dan CSR) dan Dosen di program studi Ilmu Komunikasi, Universitas Paramadina. Publikasi buku yang pernah ia tulis antara lain; Driver for Integrated Marketing Communication/IMC (2012), CSR Communication for PR Practitioners (2013), Cyber CSR (2014) dan Periklanan Korporat (2015).