Tujuan Pelatihan Certified Organization Development Specialist adalah pelatihan yang mempelajari tentang apa definisi, peran, job desc dari OD profesionals, kompetensi , skill yang dibutuhkan untuk berhasil, bagaimana cara membuat perencanaan, evaluasi dari suatu Unit/Departement OD, bagaimana cara meningkatkan efektivitas keterkaitan antar Departemen OD dan Unit2 Organisasi lainnya, bagaimana mengaitkan inisiatif OD dengan arah strategis perusahaan, menganalisis kepentingan stake holders, inisiatif OD juga prinsip2 dalam mengelola perubahan organisasi. Pelatihan ini kami jadwalkan di Jakarta.
Deskripsi
Pengembangan organisasi, dari hari ke hari semakin menjadi aktivitas yang crucial bagi Perusahaan. Perkembangan lingkungan organisasi yang begitu cepat sulit dibendung efeknya bagi organisasi. Karenanya satu2 nya cara adalah untuk organisasi bisa secara berkesinambungan melakukan respond optimal terhadap berbagai perubahan tersebut, termasuk perubahan kepentingan dari para stake holders.
Sistem, orang, budaya selalu menjadi 3 faktor yang akan menentukan competitive advantage seperti apa yang akan dibangun Perusahaan. Recruitment yang berhasil mendatangkan orang yang berkualitas akan menjadi ‘percuma’ bila sistem yang ada di Perusahaan tidak bisa mem fasilitasi munculnya kinerja yang diharapkan dari orang tersebut. OD professionals mempunyai peran sentral dalam membantu mengelola perubahan organisasi yang ada agar selalu dapat menjadi ‘wadah’ yang memfasilitasi munculnya kinerja yang diharapkan. Dengan demikian seorang OD professional dituntut untuk memiliki wawasan mengenai strategic management, proses organisasi, tahap pengembangan organisasi yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan Perusahaan.
Certified Organization Development bertujuan untuk memberikan overview, skill perspective mengenai peran OD professional di Perusahaan serta memberikan kemampuan dasar yang dibutuhkan agar seorang OD professional bisa menjalankan perannya dengan optimal.
Metode Pelatihan
Presentasi konsep, framework, studi kasus, sharing pengalaman, uji kompetensi tertulis, dll.
Outline Materi
- Definisi, peran, job desc dari OD profesionals
- Kompetensi, skill yang dibutuhkan untuk berhasil dalam Pelatihan Certified Organization Development Specialist
- Membuat perencanaan, evaluasi dari suatu Unit/Departement OD
- Meningkatkan efektivitas keterkaitan antar Departemen OD dan Unit2 Organisasi lainnya.
- Nature dari organisasi sebagai suatu sistem yang terbuka
- Bagaimana mengaitkan inisiatif OD dengan arah Strategis Perusahaan
- Analisis kepentingan stake holders dan inisiatif OD
- Prinsip2 dalam mengelola perubahan organisasi dalam Pelatihan Certified Organization Development Specialist
- Mengevaluasi kesiapan organisasi untuk berubah & menentukan strategi perubahan
- Tahapan, Metode audit organisasi & proses identifikasi SWOT organisasi
- Mengelola proses perubahan organisasi, mempersiapkan sturuktur untuk mendukung perubahan
- Mengoptimalkan komponen OD: Organisasi, Proses & Tools
- Link antara Sistem, Organisasi, People & Budaya Perusahaan
- Metodologi pengumpulan data di dalam OD
- Berbagai tools, intervensi dalam OD
- Link antara Job, Struktur, Komponen dan Disain Organisasi
- Memahami berbagai komponen sistem: kompetensi, sturktur gaji, reward, sistem karir, dll serta proses menentukan prioritas intervensi dalam Pelatihan Certified Organization Development Specialist
- Memonitor, mengukur efektivitas suatu intervensi OD
- Mengembangkan organisasi secara berkelanjutan melalui learning organisation & knowledge management dalam Pelatihan Certified Organization Development Specialist
Fasilitator
Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM
Memiliki sertifikasi HR Management dari Filipina dan telah memiliki pengalaman sebagai profesional HR di beberapa industri selama lebih dari 20 tahun. Selama karirnya di HR berbagai posisi pernah diembannya seperti Head of Training & Develoment, Head of Corporate Man Power Planing, Head of Corporate Career Development , Head of Corporate Organisation Development and Studies, HRD Manager, serta Senior Human Capital Manager . Termasuk di dalamnya beberapa penugasan International dan regional.
Pengalaman yang lengkap di dunia praktek HR ini di-‘genap’-kan dengan pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai industri seperti tobaccos, power plant, telecommunication, pulp & paper dan tourism.
Pungki Purnadi juga adalah salah satu penggagas Sertifikasi Bidang SDM di universitas Atmajaya Jakarta dengan program Certified Human Resources Professional nya (CHRP).